Paparan & Kajian

Yakin Usaha Sampai

Assalamu’alaikum Wr. Wb

            Selamat datang kawan-kawan mahasiswa baru di Kampus Tercinta IISIP Jakarta. Kami dari Himpunan Mahasiswa Islam mengucapkan selamat bergabung dalam lingkungan kampus yang dinamis, progresif dan intelektual. Pada kesempatan ini kami ingin perkenalkan kepada kalian tentang HMI. Apa sih HMI itu?

            Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi pengkaderan, yang mempunyai peran sebagai organisasi perjuangan. Organisasi ini memiliki tujuan Terbinanya Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.” Selain itu sifat organisasi HMI Independen dan ber-azazkan Islam.

            Syarat keanggotaan kader HMI yakni Mahasiswa Islam yang terdaftar pada perguruan tinggi atau yang sederajat.

            Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) didirikan di Yogyakarta pada 5 Februari 1947, dimasa revolusi kemerdekaan yang penuh dengan gejolak, idealisme dan heroisme. HMI merupakan organisasi mahasiswa tertua di Indonesia, sejak awal berdirinya HMI telah menggariskan tekadnya untuk independen, tidak terikat secara struktural atau aspiratif dengan organisasi manapun. Lahirnya HMI atas prakarsa Lafran Pane dan kawan-kawan yakni Karnoto Zarkasyi, Dahlan Husein, Maisaroh Hilal, Suwali, Yusdi Ghozali, Mansyur, Siti Zainah, M. Anwar, Hasan Basri, Marwan, Zulkarnaen, Tayeb Razak, Toha Mashudi, dan Baidron Hadi dengan motivasi dasar mempertahankan Negara Republik Indonesia, dan derajat rakyat Indonesia serta, menegakkan dan mengembangkan ajaran Agama Islam.

            Pada setiap momen yang menentukan dalam perjalanan pertumbuhan dan perkembangan umat Islam dan bangsaIndonesia. HMI tidak pernah melewatkannya tanpa partisipasi yang aktif, kreatif dan korektif. Kiprah HMI yang demikian itu disebabkan oleh kesadaran kuat setiap insan HMI bahwa iman yang diyakini, Ilmu yang dimiliki senantiasa menghendaki perwujudan dalam amal nyata demi mencari ridho Allah SWT. Karena sesejatinya manusia adalah yang berguna bagi bangsa Negara dan agamanya.

            Pada dasarnya seluruh pokok kegiatan HMI adalah training atau pelatihan, yang terbagi menjadi training formal, informal dan non formal.

Training Formal :

Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA), Latihan Kader I, II, dan III, Latihan Khusus Kohati (korps HMI Wanita), Senior Course, Kursus Politik, dan lain-lain.

Training Informal :

Suatu proses transfer gagasan, pengalaman, ilmu dan ktrampilan yang dilakukan secara tidak formal melalui interaksi dan sosialisasi dalam HMI.

Training Non Formal:

Diskusi, Seminar, Simposium, Lokakarya, Kunjungan, dan lainnya. Pengembangan minat dan bakat dalam segala bidang demi pengabdian pada masyarakat demi mencari ridho Allah Swt.

            Inilah sekilas tentang HMI, semoga mendapat tempat dihati kawan-kawan semua. Harapan kami semoga kawan-kawan dapat menjadi Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.  “ Amiin… .”

            Bagi kawan-kawan yang ingin tahu lebih lanjut tentang HMI atau ingin bergabung menjadi kader HMI yang berintelektual, dan independensi. Kunjungi saja stand HMI di samping kolam air mancur (dekat gerbang kampus), atau hubungi saja kawan-kawan HMI

Filed under: Berita HMI, KARYA HMI IISIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pandjinews
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: