Paparan & Kajian

Yakin Usaha Sampai

Calon Presiden PrancisTuntut Idul Fitri Jadi Hari libur Nasional

Calon presiden Prancis Eva Joly

Calon presiden Prancis Eva Joly.

Calon presiden Prancis Eva Joly telah meminta perlakuan yang sama untuk agama-agama dengan menurut hari libur nasional untuk Hari Raya Idul Fitri bagi Muslim dan hari suci Yahudi Yom Kippur di negara tersebut.

“Setiap agama harus mendapatkan manfaat dari perlakuan yang sama di ruang publik,” calon presiden partai Hijau, Eva Joly mengatakan pada rapat kampanye pertama di Paris pada hari Rabu

“Saya percaya bahwa hari libur nasional juga harus diberikan kepada agama-agama lain selain agama Katolik,” tambahnya.

Joly juga mengatakan bahwa kesetaraan agama merupakan “elemen kunci dari identitas nasional Perancis” dan itu  sudah “babak belur oleh lima tahun kepresidenan Nikolas Sarkozy”.

Usulan calon presiden dari partai Hijau untuk hari libur nasional yang baru tersebut menghadapi komentar segera yang berapi-api dari banyak pejabat Perancis.

“Libur nasional Perancis telah terjadi melalui sejarah Kristen kita. Kami tidak akan menghilangkan sejarah kami, “kata Menteri Pendidikan Tinggi dan  anggota UMP Laurent Wauqiez.

“Sementara negara menghormati semua agama, itu tidak mengakui satupun,” kata Michael Sapin, direktur kampanye kandidat presiden Sosialis Francois Hollande, menambahkan bahwa Joly harus ingat “prinsip besar dari sekularisme  Prancis”.

Marine Le Pen, kepala partai ekstrim kanan Front Nasional yang anti Islam, secara langsung menyerang Joly, menyebut calon presiden saingannya sebagai “Francophobe”.

“Aku harus bertanya pada diri sendiri apakah Eva Joly menemukan sesuatu yang baik di Perancis, orang-orang kita, tradisi, sejarah dan moral kehidupan (…). Ini hal yang mengejutkan yang datang dari seorang calon presiden.” kata Le Pen

sumber

Filed under: Buletin Pandji, Internasional, Politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pandjinews
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: