Paparan & Kajian

Yakin Usaha Sampai

Ketua Fraksi PKB Plagiat?

Marwan Ja'far yang mengaku sudah sering mengirim tulisan ke media massa.

Marwan Ja'far yang mengaku sudah sering mengirim tulisan ke media massa.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja’far akhirnya menjawab soal tudingan plagiarisme yang menimpa dirinya. Marwan membantah telah mencontek atau memakai sebagian karya Jusman Dalle, mahasiswa Universitas Muslim Indonesia Makassar saat menulis artikel berjudul “Pengelolaan Energi Libya Pasca-Qadhafi” yang dimuat di Koran Tempo Jumat 13 Januari 2012.

“Kalau ada yang mengatakan plagiat, saya membantah,” kata Marwan saat dikonfirmasi Tempo melalui telpon genggamnya, Jumat 13 Januari 2012. “Mungkin argumentasi, substansi dan sumber referensi sama. Itu saja”

Marwan berkilah, sumber referensi yang dipakai dalam menulis artikel itu adalah tulisan Larry Diamond. Ia mengaku bukan kali ini saja dia menulis soal Libya. “Kalau baca tulisan saya sebelumnya, tulisan ini tidak jauh beda,” ujarnya.

Seperti diketahui, artikel yang ditulis Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR Marwan Ja’far yang berjudul “Pengelolaan Energi Libya Pasca-Qadhafi” di Koran Tempo edisi Jumat 13 Januari 2012 dituduh memplagiat dua tulisan milik Jusman Dalle, aktivis mahasiswa. Jusman mempermasalahkan tulisan itu di akun Twitter-nya, @jusdalle.

Kepada Tempo, Jusman mengatakan tulisan Marwan itu memplagiat dua tulisannya di dua media online yang berbeda. Bahkan, kata Jusman, tulisan Marwan memiliki kesamaan hingga 85 persen dengan dua tulisannya yang dimuat di dua media online. Tulisan pertama berjudul “Quo Vadis Libya” di okezone.com pada 25 Oktober 2011.

Adapun tulisan kedua berjudul “Perang Ideotik Libya” yang diterbitkan detikcom pada 28 Maret 2011. “Ini pelanggaran etika, sebagai kaum intelektual, kami merasa tercederai,” kata Jusman, mahasiswa Universitas Muslim Indonesia Makassar.

sumber

Filed under: Buletin Pandji, Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pandjinews
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: