Paparan & Kajian

Yakin Usaha Sampai

PROFIL KAMI

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat datang di blog “Paparan dan Kajian” (Pandji). Pandji adalah sebuah wadah aktualisasi khususnya bagi kader-kader HmI dan mahasiswa IISIP Jakarta pada umumnya, yang ingin menuangkan ide gagasan dalam sebuah tulisan. Pentingnya wadah ini sebagai media penulisan, baik itu penulisan berita dan berita pendapat, kami sadari betul. Karena memang berbagai peristiwa sejarah peradaban manusia dapat kita nikmati sampai hari ini dan seterusnya, tidak terlepas dari “cakar-cakar tulisan” dari pena yang tergoreskan. Atas itu tidak berlebihan jika seorang Pramoedya Ananta Toer mengatakan kalau “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Hal ini juga tidak terlepas dari kultur budaya yang memang turun temurun ada di himpunan ini sejak 1947, yang diantaranya adalah, budaya diskusi, budaya membaca, dan budaya menulis. Kegiatan ini tentunya sejalan dengan arah cita-cita berdirinya bangsa dalam UUD 1945 tentang “Mencerdaskan kehidupan bangsa,” yang memang bukan hanya menjadi tugas pemerintah sebagai pelaksana negara, tapi juga kita warga masyarakat yang memang pada hakikatnya bercita-cita menjadi manusia terbaik, dengan cara menjadi manusia yang paling bermanfaat.

Pada kesempatan ini pula, kami juga ingin memperkenalkan kepada anda tentang HMI.

Himpunan mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi pengkaderan, yang mempunyai peran sebagai organisasi perjuangan. Organisasi ini memiliki tujuan Terbinanya Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.” Selain itu sifat organisasi HMI Independen dan ber-azazkan Islam.

Syarat keanggotaan kader HMI yakni Mahasiswa Islam yang terdaftar pada perguruan tinggi atau yang sederajat.

Himpunan mahasiswa Islam (HMI) didirikan di Yogyakarta pada 5 Februari 1947, dimasa revolusi kemerdekaan yang penuh dengan gejolak, idealisme dan heroisme. HMI merupakan organisasi mahasiswa tertua di Indonesia, sejak awal berdirinya HMI telah menggariskan tekadnya untuk independen, tidak terikat secara struktural atau aspiratif dengan organisasi manapun. Lahirnya HMI atas prakarsa Lafran Pane dan kawan-kawan yakni Karnoto Zarkasyi, Dahlan Husein, Maisaroh Hilal, Suwali, Yusdi Ghozali, Mansyur, Siti Zainah, M. Anwar, Hasan Basri, Marwan, Zulkarnaen, Tayeb Razak, Toha Mashudi, dan Baidron Hadi dengan motivasi dasar mempertahankan Negara Republik Indonesia, dan mengangkat derajat rakyat Indonesia serta, menegakkan dan mengembangkan ajaran Agama Islam.

Pada setiap momen yang menentukan dalam perjalanan pertumbuhan dan perkembangan umat Islam dan bangsaIndonesia. HMI tidak pernah melewatkannya tanpa partisipasi yang aktif, kreatif dan korektif. Kiprah HMI yang demikian itu disebabkan oleh kesadaran kuat setiap insan HMI bahwa iman yang diyakini, Ilmu yang dimiliki senantiasa menghendaki perwujudan dalam amal nyata demi mencari ridho Allah SWT. Karena sesejatinya manusia adalah yang berguna bagi bangsa Negara dan agamanya.

Pada dasarnya seluruh pokok kegiatan HMI adalah training atau pelatihan, yang terbagi menjadi training formal, informal dan non formal.

Training Formal :

Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA), Latihan Kader I, II, dan III, Latihan Khusus Kohati (korps HMI Wanita), Senior Course, Kursus Politik, dan lain-lain.

Training Informal :

Suatu proses transfer gagasan, pengalaman, ilmu dan ktrampilan yang dilakukan secara tidak formal melalui interaksi dan sosialisasi dalam HMI.

Training Non Formal:

Diskusi, Seminar, Simposium, Lokakarya, Kunjungan, dan lainnya. Pengembangan minat dan bakat dalam segala bidang demi pengabdian pada masyarakat demi mencari ridho Allah Swt.

Inilah sekilas tentang HMI, semoga mendapat tempat di hati anda-anda semua. Harapan kami semoga kita sekalian dapat menjadi Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT. “ Amiin… .”

Bagi teman-teman mahasiswa IISIP Jakarta yang ingin tahu lebih lanjut tentang HMI atau ingin bergabung menjadi kadernya. Kunjungi saja stand HMI di samping kolam air mancur (dekat gerbang kampus), atau hubungi saja teman-teman HMI IISIP Jakartalainnya.

4 Responses

  1. f.nugroho mengatakan:

    assalamu’alaikum…
    salam perjuangan!!!

    HMI adalah sebuah organisasi perjuangan Islam dimana isinya adalah aktivis yang giat memperjuangkan perubahan.
    sedikit saran, karena HMI isinya adalah aktivis yg mempunyai idealisme kuat, mohon isi blog bukan sekedar copy-paste dari sumber yang udah ada. tapi sebarkan idealisme saudara2 sekalian kepada seluruh dunia via blog ini. kalau hanya copy-paste, apa bedanya dengan blog lainnya khususnya blog pribadi, apa bedanya HMI dengan bocah kemarin sore yang suka copy-paste.

    kemudian, mohon header blog ini tidak menggunakan foto hitler dengan NAZI-nya. jika Anda ingin mencontoh sosoknya silakan saja, tapi NAZI dan Islam adalah dua kehidupan yang berbeda (anda sekalian lebih tahu). sah saja anda mencontohnya, tapi dengan header seperti itu, terkesan kalau HMI adalah reinkarnasi dari NAZI.

    trima kasih
    wassalamu’alaikum
    ^^

    • Pandji mengatakan:

      Wa’alaikum slm.. terima kasih atas sarannya kakanda.. sepakat dengan sarannya yang pertama mengenai copy paste, namun mohon dimaklumi saja, karena sumber daya HmI IISIP yang semakin terbatas ditambah kesibukan mereka di luar ini membuat, BELUM sempatnya mereka berkontribusi secara maksimal di blog ini. Akan tetapi, life must gooes on, karena kalau menunggu mereka, tidak akan pernah ada kritik konstruktif seperti ini, yang artinya tidak akan berjalan wadah aktualisasi seperti ini. namun kami tetap berusaha memenuhi usulan yang pertama tersebut.

      Kemudian mengenai persepsi kakanda kalau keberadaan foto Hitler mengesankan HmI merupakan reinkarnasi NAZI, ya sah-sah saja, namun bukan itu tujuan dan maksud kami. Kami memampang foto itu hanya sebatas menunjukkan tokoh-tokoh yang memiliki semangat perjuangan luar biasa demi suatu ideologi/kebenaran yang diyakininya. Hal ini pun berkorelasi dengan kondisi kader-kader HmI IISIP saat ini, yang jauh dari semangat itu.
      Terlepas adanya pro kontra terhadap hampir semua sosok yang gambarnya terpampang, kami hanya ingin mengambil nilai-nilai positif dari mereka, karena pada dasarnya manusia tidak ada yang sempurna, termasuk kami.
      Sekali lagi terima kasih banyak atas sarannya, mohon maaf kalau ada salah kata.. Wslm!!

  2. sochehsatriabangsa mengatakan:

    yakusa…. salam hami demak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pandjinews
Desember 2016
S S R K J S M
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: